Apakah Minum Susu saat Sarapan Penting? Ini Kata Ahli
Lebih lanjut Prof Rini mengatakan, asupan sarapan yang cukup yang terdiri dari menu beragam, termasuk menambahkan susu di menu sarapan, memiliki hubungan erat dengan peningkatan kualitas diet anak-anak.
"Secara umum, anak-anak yang mengonsumsi susu saat sarapan memiliki asupan mikronutrien esensial lebih tinggi, terutama pada kalsium dan vitamin D," jelas Prof Rini.
Dia menerangkan bahwa dalam Studi South East Asian Nutrition Surveys II (SEANUTS II), menunjukkan, anak-anak yang mengonsumsi produk susu saat sarapan memiliki asupan mikronutrien harian lebih tinggi secara signifikan, termasuk vitamin A, B12, dan D, serta kalsium, dibandingkan anak-anak yang tidak mengonsumsi susu saat sarapan.
"Hal ini kemudian mengukuhkan kebaikan susu untuk membantu mengurangi beban gizi yang dihadapi anak-anak Indonesia," pungkasnya.
Studi South East Asian Nutrition Surveys II (SEANUTS II) diprakarsai FrieslandCampina bekerja sama dengan Universitas Indonesia. Penelitian ini melibatkan 3,456 anak berusia 0,5 tahun hingga 12 tahun.
Catatan lain dari studi ini adalah vitamin D dan kalsium anak-anak Indonesia belum mencapai target angka yang direkomendasikan, yaitu kalsium (78%) dan vitamin D (92%), sehingga menimbulkan risiko serius bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.
Demikian informasi mengenai apakah minum susu saat sarapan penting. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.
Editor: Muhammad Sukardi