Ide Masak Ikan, Enak dan Sehat untuk Jantung hingga Turunkan Kolesterol
2. Kurangi Risiko Penyakit Alzheimer
Ikan juga merupakan makanan penting untuk otak. Menurut studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, konsumsi makanan laut yang moderat dikaitkan dengan risiko penyakit Alzheimer yang lebih rendah.
Studi tersebut menemukan, mereka yang mengonsumsi ikan secara teratur memiliki lebih banyak materi otak abu-abu, yang mengurangi penyusutan dan kerusakan otak yang dapat menyebabkan komplikasi fungsi otak.
Meskipun mereka mencatat, konsumsi makanan laut juga berkorelasi dengan tingkat merkuri yang lebih tinggi di otak, itu tidak berkorelasi dengan neuropati otak.
3. Bantu Turunkan Gejala Depresi
Makanan laut ini juga luar biasa untuk kesehatan mental. Journal of Psychiatry & Neuroscience menemukan, minyak ikan dapat membantu memperbaiki gejala depresi ketika dikonsumsi dengan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), sejenis antidepresan.
Meskipun ada laporan, minyak ikan mengurangi gejala depresi dengan sendirinya, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan klaim ini.